Ningsih, Siska Wahyuni (2024) Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_3_SISKA_WAHYU_NINGSIH_20004029_198_2025.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pengembangan e-modul dilatar belakangi dengan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah masih berpusat pada guru, metode yang digunakan oleh guru adalah ceramah, sumber belajar yang digunakan oleh guru hanya berbentuk buku teks, dan guru belum pernah menggunakan bahan ajar yang mendukung peserta didik untuk belajar mandiri, dan belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan bahan ajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka solusinya adalah mengembangkan sebuah produk e-modul untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan emodul menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada mata pelajaran Informatika kelas X SMK. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations). Pada tahap analisis digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan di lapangan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Kuliner 2 SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Uji validitas dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket penilaian validasi materi, validasi media, angket respon siswa, dan soal-soal pretest posttest untuk uji efektivitas. Penelitian diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, analisis materi, analisis peserta didik, analisis kurikulum, membuat desain produk, kemudian mengembangkan produk e-modul, melakukan validasi ahli, setelah itu melakukan uji coba e-modul pada Elemen Berpikir Komputasional. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh hasil dari validator materi dengan persentase 98% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi bersama validator ahli media I diperoleh dengan persentase 98% dan ahli media II diperoleh dengan persentase 97% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan e-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis, dengan persentase 92%. Hasil uji efektivitas diperoleh rata-rata N-gain score yaitu sebesar 0,71 dengan persentase 71,12% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan pada mata pelajaran Informatika kelas X SMK.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Informatika, Flip PDF Professional, Belajar mandiri. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 05:33 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 05:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31789 |
