Rahmi, Sri Oktifa (2020) Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V di SDN. 23 Painan Utara. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SRI_OKTIFA_RAHMI_18124048_1046_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang belum tercapai, sehingga dalam kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran tematik terpadu kelas V di SDN. 23 Painan Utara. (2)Apakah terdapat terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran tematik terpadu kelas V di SDN. 23 Painan Utara. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang diteliti adalah pada pembelajaran tematik terpadu. Metode penelitian yang yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas V di SDN. 23 Painan Utara, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) Terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran tematik terpadu kelas V di SDN. 23 Painan Utara dengan nilai posttest kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen dan kelas kontrol = 1,85 > = 1,68. (2) Terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran tematik terpadu kelas V di SDN. 23 Painan Utara dengan nilai posttest hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol = 1,69 > = 1,68
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Reciprocal Teachingt, Pembelajaran Tematik Terpadu, Kemampuan Berpikir Kritis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 05:31 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 05:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31785 |
