Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Seni Rupa di SMPN 3 Lengayang

Ningsi, Nori Gusdia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Seni Rupa di SMPN 3 Lengayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NORI_GUSDIA_NINGSI_20020057_1097_2025.pdf] Text
B1_5_NORI_GUSDIA_NINGSI_20020057_1097_2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar seni rupa kelas VIII di SMPN 3 Lengayang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 3 Lengayang yang berjumlah 126 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 dan kelas VIII 4, pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melakukan demham bentuk penelitian eksperimen. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil pretest dan posttest. Instrument penelitian ini berupa tes objektif. Jenis analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik uji beda menggunakan SPSS 26. Berdasarkan pengolahan data diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvesional dan model pembelajaran discovery learning dengan hasil 0.000 < 0.05. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 05:31
Last Modified: 09 Dec 2025 05:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31783

Actions (login required)

View Item
View Item