Hubungan Perlakuan Orangtua dengan Komunikasi Interpersonal Siswa di Sekolah: Studi terhadap Siswa SMP Yos Sudarso Padang

Lidwina, Elysia (2011) Hubungan Perlakuan Orangtua dengan Komunikasi Interpersonal Siswa di Sekolah: Studi terhadap Siswa SMP Yos Sudarso Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ELYSIA_LIDWINA_88010_2011.pdf] Text
final_B1_ELYSIA_LIDWINA_88010_2011.pdf

Download (190kB)

Abstract

Orangtua menjadi panutan bagi setiap anak untuk mengembangkan dirinya dalam komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal erat hubungannya dengan perlakuan orangtua terhadap anak Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu pertama, perlakuan orangtua meliputi aspek menghargai; bekerja sama dan bertanggung jawab; mengembangkan rasa percaya diri; dan bersikap adaptif terhadap situasi dan lingkungan. Kedua, yaitu variabel komunikasi interpersonal mencakup aspek keterbukaan, empati, sikap mendukung, dan sikap positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana hubungan perlakuan orangtua dengan komunikasi interpersonal siswa di sekolah SMP Yos Sudarso Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah siswa SMP Yos Sudarso Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 75 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpulkan dianalisis dengan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for Windows Release 17.00. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa 1) orangtua memperlakukan anak dengan baik melalui sikap menghargai, 2) orangtua memperlakukan anak melalui sikap bekerja sama dan bertanggung jawab dengan baik, 3) orangtua memperlakukan anak dengan baik melalui pengembangan rasa percaya diri, 4) orangtua memperlakuan anak dengan bersikap adaptif terhadap situasi dan lingkungan dengan baik, 5) siswa memiliki keterbukaan yang baik pada saat berkomunikasi di sekolah, 6) siswa memiliki sikap empati di sekolah dengan baik, 7) siswa memiliki sikap mendukung pada saat berkomunikasi di sekolah, 8) siswa pada saat berkomunikasi di sekolah memiliki sikap positif, 9) terdapat hubungan yang signifikan antara perlakuan orangtua dengan komunikasi interpersonal siswa SMP Yos Sudarso Padang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik perlakuan orangtua maka semakin baik pula komunikasi interpersonal siswa di sekolah. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan para guru pembimbing dan pihak sekolah agar dapat membina kerjasama dengan orangtua siswa dan agar perlakuan orangtua dapat ditingkatkan sehingga komunikasi interpersonal siswa dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Siswa, Sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 09 Dec 2025 05:25
Last Modified: 09 Dec 2025 05:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31777

Actions (login required)

View Item
View Item