Sudirman, Sudirman (2016) Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VIII.6 MTsN Lubuk Buaya Padang pada Topik Teorema Pythagoras Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SUDIRMAN_01763_3119_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi adalah dua dari lima
kemampuan matematis yang perlu dikembangan melalui pembelajaran
matematika. Agar guru dapat membantu siswa dalam mengembangkan kedua
aspek tersebut secara optimal, maka diperlukan data kondisi faktual siswa saat
ini.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan tingkat
pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi siswa kelas VIII.6 MTsN Lubuk
Buaya Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Subjek penelitian adalah
siswa VIII.6 MTsN Lubuk Buaya Padang yang berjumlah 30 siswa. Subyek
penelitian ini dipilih berdasarkan pertimbangan dari pihak sekolah.Data penelitian
dikumpulkan melalui pemberian tes pemahaman konsep dan kemampuan
komunikasi pada topikTeorema Pythagoras.Data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif, mengacu pada indikator pemahaman konsep dan kemampuan
komunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 13,3% siswa kelas VIII.6 MTsN
Lubuk Buaya Padang memiliki tingkat pemahaman konsep dengan kategori baik
atau baik sekali, 33,3% siswa memiliki tingkat pemahaman konsep dengan
kategori cukup, dan 53,4% siswa memiliki tingkat pemahaman konsep dengan
kategori kurang atau kurang sekali. Untuk kemampuan komunikasi, 70% siswa
memiliki tingkat kemampuan pada kategori baik atau baik sekali, 10% siswa
memiliki tingkat kemampuan cukup, dan 20%
siswa memiliki tingkat
kemampuan dengan kategori kurang atau kurang sekali. Dapat disimpulkan bahwa
pada umumnya siswa VIII.6 MTsN Lubuk Buaya masih bermasalah dalam
memahami konsep-konsep pada topikTeorema Pythagoras.Adapun kesulitan
siswa yang utama adalah pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan
memberikan contoh dari konsep.Pada kemampuan komonikasi, sebagian besar
siswa kelas VIII.6 MTsN Lubuk Buaya Padang berada pada kategori baik atau
baik sekali.Hal ini disebabkan karena soal-soal kemampuan komunikasi yang
diberikan tingkat kesulitannya belum begitu tinggi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:38 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31768 |
