Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN 20 Alang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang

Kuswanto, Edi (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN 20 Alang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EDI_KUSWANTO_90746_2888_2011.pdf] Text
final_B1_EDI_KUSWANTO_90746_2888_2011.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih berpusat kepada guru, siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga pelajaran terasa pasif dan membosankan. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model
Cooperative Learning Tipe Jigsaw meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini
berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran
IPS melalui model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di kelas V SDN 20 Alang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang. Subjek peneliti adalah guru (observer),peneliti (praktisi) dan siswa kelas V SDN 20 Alang Lawas yang berjumlah sebanyak
36 orang. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, persentase hasil nilai ratarata
pembelajaran siswa pada siklus I pertemuan I adalah 55, afektif 55% dan psikomotor 52,1% dan pada siklus
I pertemuan II nilai tes siswa adalah 80%, afektif
60,3% dan psikomotor 56,7% sementara itu pada siklus II dengan nilai tes rata-rata 80,afektif 76% dan psikomotor
77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan
menggunakan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 20 Alang Lawas Kec. Padang Selatan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:31
Last Modified: 09 Dec 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31760

Actions (login required)

View Item
View Item