Perbedaan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Gambar Teknik Berdasarkan Sekolah Asal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan S1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Febrianta, Rovi (2014) Perbedaan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Gambar Teknik Berdasarkan Sekolah Asal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan S1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_ROVI_FEBRIANTA_13677_2338_2014.pdf] Text
final_B1_1_ROVI_FEBRIANTA_13677_2338_2014.pdf

Download (861kB)

Abstract

Secara umum, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Indonesia terdiri
dari tiga lembaga yakni Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliah (MA)
dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMA dan MA bertujuan untuk
mendidik siswa/i melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi seperti akademi
atau perguruan tinggi, sedangkan SMK bertujuan untuk mendidik siswa/i menjadi
tenaga kerja tingkat menengah, meskipun mereka juga bisa untuk melanjutkan
keperguruan tinggi. Keberhasilan pendidikan pada jenjang SLTA, baik SMA/MA
atau SMK akan mempengaruhi hasil belajar pada jenjang pendidikan di perguruan
tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk
menyelidiki perbedaan hasil belajar pada mata kuliah Gambar Teknik berdasarkan
sekolah asal mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan S1 Jurusan
Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Hipotesis penelitian yaitu terdapat
perbedaan hasil belajar pada mata kuliah Gambar Teknik berdasarkan sekolah asal
mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan S1 Jurusan Teknik Sipil
Universitas Negeri Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa program studi PTB FT UNP angkatan 2009, 2010, 2011 dan 2012
yang belajar mata kuliah Gambar Teknik yang berjumlah 211 mahasiwa. Teknik
pengambilan sampel yaitu stratified proportional random sampling dengan
jumlah sampel 165 mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian uji independent samples t tests menunjukkan
hasil nilai signifikansi Perkembangan Diri 0.000 < 0.05 Ho ditolak, Proyeksi
0.284 > 0.05 Ho diterima dan untuk Nilai Gambar 0.043 < 0.05 Ho ditolak 0,803
> 0,05, maka Ho ditolak, terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah gambar
teknik antara mahasiswa yang berasal dari SMA dan mahasiswa yang berasal dari
SMK. Hipotesis yang dijelaskan terbukti. Berdasarkan hasil penelitian dapat
dilihat nilai rata-rata (mean) mahasiswa yang berasal dati SMA dan mahasiswa
yang berasal dari SMK, pada Perkembangan Diri 73.1323 dan 81.7608, pada
Proyeksi 74.7860 dan 73.6199 dan Rata-rata Nilai Gambar 73.9591 dan 77.6904
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hal ini
dapat saja terjadi karena apabila dilihat dari sisi tiori belajar stimulus yang
diterima mahasiswa SMK berbeda dengan mahasiswa SMA/MA, sehingga
mereka memberikan respon yang berbeda. Mahasiswa SMK lebih terfokus kepada
praktek/pisikomotor, sedangkan mahasiswa SMA lebih terfokus kepada
koknitif/berfikir.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, gambar teknik, dan sekolah asal
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:51
Last Modified: 04 Dec 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31753

Actions (login required)

View Item
View Item