Kurniawan, Edi (2011) Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya Dengan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran TIK Pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungai Geringging Kab.Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EDI_KURNIAWAN_88406_5578_2011.pdf
Download (249kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa guru belum menerapkan metode yang bervariasi dan siswa cendrung kurang aktif, karena pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Melihat motivasi belajar siswa yang tinggi dengan jumlah komputer yang masih kurang bila dibandingkan dengan
jumlah siswa, Maka dilakukan penelitian eksperimen dengan penerapan metode tutor sebaya dengan LKS dalam pembelajaran TIK pada kelas VIII di SMP 1 Sungai Geringging. Melihat gejala tersebut maka dirumuskan masalah yaitu apakah penerapan tutor sebaya dengan LKS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Hi) dan hipotesis nol (Ho). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen. Populasi dalam ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungai geringgingi Kab.Padang Pariaman. Sampel dalam penelitian ini diambil
dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 68 orang yang tedaftar tahun ajaran 2010/2011 semester II. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes dan dokumen nilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang belajar dengan metode tutor sebaya dengan LKS memperoleh nilai rata-rata
75,91 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan metode biasa yang memperoleh nilai rata-rata 70,03 pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Geringging Kab.Padang Pariaman. dari perhitungan uji t didapat t-tabel adalah 1,980 sedangkan t-hitung adalah 8,622 (t-hitung > t-tabel) dengan demikaian hipotesis dikemukan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan taraf kepercayaan α 0,05. Jadi belajar menggunakan metode tutor sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Geringging Kab.Padang Pariaman.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:04 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31746 |
