Pengaruh Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 15 Padang

Ulianty S, Sulis (2015) Pengaruh Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SULIS_ULIANTY_S_15960_5472_2015.pdf] Text
final_B1_1_SULIS_ULIANTY_S_15960_5472_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis memiliki peranan yang sangat penting
dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi,
pemahaman konsep matematis peserta didik di SMPN 15 Padang belum
maksimal. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang belum melibatkan
siswa secara optimal dalam proses penemuan konsep sehingga pemahaman
konsep matematis peserta didik belum berkembang dengan baik.Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematis dalam
pembelajaranpeserta didik kelas VII SMPN 15 Padang setelah menggunakan
metode penemuan terbimbing.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static
Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol.Pengambilan data
dilakukan dengan menggunakan tespemahaman konsep matematis. Data tes
pemahaman konsep matematis dianalisis menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf
nyata α=0,05diperoleh P-value =0,014, karena P-value<α, maka tolak H0.Jadi
dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar
dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pada pemahaman konsep
matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada
kelas VII SMPN 15 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:03
Last Modified: 04 Dec 2025 02:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31742

Actions (login required)

View Item
View Item