Wardani, Elvira (2011) Pengaruh Pemberian Bekal Awal dalam Pembelajaran Interaktif Model Diskusi Kelompok Silang terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELVIRA WARDANI-77491-2011.pdf
Download (143kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMAN 2 Padang Panjang
disebabkan karena siswa belum mempunyai bekal awal sebelum pembelajaran dan
kurangnya interaksi serta kerjasama antar siswa. Pemberian bekal awal dalam
pembelajaran interaktif model diskusi kelompok silang merupakan salah satu
alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh
karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
pemberian bekal awal dalam pembelajaran interaktif model diskusi kelompok
silang terhadap hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif dan ranah afektif.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental
Research) dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XI IPA di
SMAN 2 Padang Panjang. Sampel dalam penelitian adalah kelas eksperimen dan
kelas kontrol yang homogen secara kognitif. Kedua kelas sampel ditentukan
melalui teknik purposif sampling. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes
tertulis untuk ranah kognitif dan pengamatan/observasi untuk ranah afektif.
Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata
0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, nilai rata-rata
tes akhir kelas eksperimen adalah 65,62 sedangkan kelas kontrol 59,50. Pada
ranah afektif, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,33 sedangkan kelas
kontrol 62,62. Berarti, hipotesis kerja yang berbunyi ”Terdapat pengaruh yang
berarti pemberian bekal awal dalam pembelajaran interaktif model diskusi
kelompok silang terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Padang
Panjang pada ranah kognitif dan ranah afektif secara kuantitatif ” dapat diterima
pada taraf nyata 0,05.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:10 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31723 |
