Zein, Elviani (2011) Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Dental Melalui Media Kubus Huruf Bagi Anak Tunagrahita Sedang (Classroom Action Research Kelas Dasar II SLB Fan Redha Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELVIANI_ZEIN_50921_2010.pdf
Download (223kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dimana g siswa tunagrahita sedang kelas
dua yang mengalami hambatan dalam membaca kata. Anak sudah mengenal huruf
namun saat disuruh membaca kata yang mengandung huruf dental (d, l, n, t), anak
mengalami kesulitan. Anak juga lamban dalam menerima pelajaran serta sering salah
dalam membaca seperti yang diinstruksi oleh guru. Hal ini karena anak cepat bosan
dalam menerima pelajaran dengan metode ceramah dan juga dikarenakan penggunaan
media yang kurang optimal. Selain itu juga anak hanya membaca buku bacaan dan
membaca bacaan yang dituliskan guru di papan tulis.
Tujuan dari penilitian ini adalah meningkatkan pembelajaran bagi guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca huruf dental (d, n, t, l) di awal, tengah dan akhir
kata di kelas dasar II SLB Fan Redha Padang melalui media kubus huruf. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi. Tindakan ini dilakukan kepada
dua orang anak yang menjadi subjek penelitian yaitu anak tunagrahita sedang kelas
dasar II di SLB Fan Redha Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama siklus I yang dilaksanakan lima
kali pertemuan dalam proses pembelajaran yang dimulai dari mendengarkan
penjelasan guru tentang penggunaan media, menyebutkan huruf (d, n, t, l),
membedakan huruf (d, n, t, l) berdasarkan warna, menyusun huruf menjadi rangkaian
kata pada media, membaca kata, dan menyelesaikan latihan. Berdasarkan nilai ratarata
yang diperoleh siswa diakhir siklus I dapat dilihat bahwa X sebelum diberi
tindakan mendapatkan nilai 33% bisa tanpa bantuan, 50% dengan batuan guru, dan
tidak bisa17%. Dan setelah diberi tindakan I bisa tanpa bantuan 71%, bisa dengan
bantuan guru 14%. Sementara Y sebelum diberi tindakan mendapatkan nilai 25% bias
tanpa bantuan, 42% dengan batuan guru, dan tidak bisa 33%. Setelah diberi tindakan
I menjadi 64% tanpa bantuan guru, 21% dengan bantuan guru.
Pada siklus II dilakukan dalam lima kali proses pembelajaran membaca huruf
dental (d, n, t, l) di awal, tengah dan akhir kata dimana X mendapat hasil 86% bisa
tanpa bantuan guru dan 14% dengan bantuan guru pada pelaksanaan siklus II dan Y
mendapat hasil 86% tanpa bantuan guru, dan 14% dengan bantuan guru pada
pelaksanaan siklus II. Dari hasil penyajian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
media kubus huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf dental d, n, t, l)
bagi anak tungrahita sedang kelas dasar II. Dengan demikian dapat disarankan kepada
sekolah, guru, dan peneliti berikut untuk dapat menggunakan media kubus huruf
dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf dental bagi anak tunagrahita
sedang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:12 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31719 |
