Sumiarti, Sumiarti (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SUMIARTI_120530_774_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan yang harus
dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataan
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Padang
masih rendah. Selain itu, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang dapat membuat peserta didik aktif dan
saling bekerjasama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalis dan mendiskripsikan bagaimana aktivitas belajar peserta didik yang
diterapkan model TSTS dan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik
yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay
Two Stray lebih baik daripada pemahaman konsep matematis Peserta didik yang
belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII
SMP Negeri 15 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static
Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri
15 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel kelas VIII.4 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah
lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes akhir berbentuk essay yang
dianalisis dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji- Mann
Whitney.
Dari analisis data disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik yang belajar
dengan model TSTS mengalami fluktuasi pada setiap pertemuannyan, dan Median
hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen sebesar
75,51 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,58. Berdasarkan analisis uji statistik
diperoleh P-value sebesar 0,0078 lebih kecil daripada taraf nyata 0,05, maka Ho
ditolak. Artinya, pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik
daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 15
Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:13 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31715 |
