Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Tipe Mind Mapping di Kelas V SDN 17 Koto Baru Kecamatan Lubuk Begalung Padang

Elvi, Elvi (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Tipe Mind Mapping di Kelas V SDN 17 Koto Baru Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ELVI_09590_3226_2011.pdf] Text
final_B1_ELVI_09590_3226_2011.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran selama penulis menjadi pengajar sampai sekarang ,kegiatan belajar
mengajar masih kurang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga
siswa hanya bersifat pasif. Kebanyakan aktivitas mereka hanya duduk, diam,
catat, dengar, dan hafal. Pembelajaran seperti ini di sebabkan karena guru kurang
mampu mengembangkan metode, model, atau pendekatan pembelajaran yang
dapat mengaktifkan siswa secara optimal dalam proses pembelajaran. Selain itu
masalah yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran adalah kurangnya
perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung, hal yang telah dipelajari siswa
mereka sering lupa.Kesulitan siswa dalam memahami konsep dari materi yang
diajarkan, akan berakibat rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembeljaran IPS dilakukan PTK dengan
menggunakan pendekatan tipe mind mapping.
Pendekatan tipe mind mapping ini merupakan tipe pembelajaran yang
memberi ruang kepada siswa untuk mengeluarkan ide-ide yang ada difikiran
siswa yang sesuai dengan materi lalu dirangkum dalam bentuk mind mapping
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di kelas V SDN 17 Koto Baru Kecamatan Lubuk Begalung Padang,
dengan jumlah murid 35 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua minggu yang
terdiri dari dua siklus. Siklus satu terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus dua
terdiri dari dua kali pertemuan dengan masing-masing alokasi waktu dalam setiap
pertemuan 2 x 35 menit.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan . Pada siklus satu rata – rata hasil belajar siswa 61,50 dan siklus
kedua 79,84. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II,
disebabkan perubahan aktivitas yang dilakukan oleh siswa maupun guru ke arah
yang lebih baik, sehingga hasil belajar juga baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:15
Last Modified: 04 Dec 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31708

Actions (login required)

View Item
View Item