Rahmi, Elvi (2009) Peningkatan Kemampuam Menulis Berita Siswa Kelas VIII.I SMP Negeri 5 Padang Melalui Teknik Tiru Model. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELVI RAHMI 64009-05-09.pdf
Download (136kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat hal. Pertama, siswa kurang berminat
dalam menulis terutama untuk tulisan-tulisan non-fiksi, siswa beranggapan bahwa hanya
tulisan fiksilah yang menarik untuk ditulis. Kedua, siswa kurang membaca dan latihan
menulis, yang berdampak pada kurangnya kata-kata dan istilah yang dikuasai siswa.
Ketiga, siswa kewalahan dalam mengeluarkan ide sehingga membuat siswa sulit untuk
memulai kegiatan menulis berita. Keempat, teknik tiru model belum pernah dicobakan
dalam menulis berita.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan penerapan teknik tiru model
dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.1 AMP Negeri 5
Padang, (2) menganalisis peningkatan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.1
SMP Negeri 5 Padang melalui teknik tiru model.
Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang.
Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan nontes. Tes digunakan
untuk mengumpulkan data kemampuan menulis berita, sedangkan nontes digunakan
untuk mengumpulkan data penerapan teknik tiru model dalam pembelajaran menulis
berita. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif analitis sesuai dengan penerapan
konsep penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, penerapan
teknik tiru model dalam dua siklus (lima kali pertemuan tatap muka) dapat meningkatkan
secara signifikan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang
dengan rata-rata peningkatan 13,92%. Kedua, siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang
cenderung menilai positif penerapan teknik tiru model dalam pembelajaran menulis
berita.
Relevan dengan simpulan penelitian, direkomendasikan dua hal. Pertama,
kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang cendrung perlu
ditumbuhkembangkan. Kedua, teknik tiru model hendaknya didayagunakan secara
fungsional dalam pembelajaran menulis berita.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:15 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31706 |
