Lasmana, Elva (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Skrip Kooperatif (Cooperative Script) terhadap Keterampilan Menyimak Berita Siswa Kelas VII SMP Adabiah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELVA_ LASMANA_54443_1316_2014.pdf
Download (656kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
menyimak berita siswa kelas VII SMP Adabiah Padang sebelum penggunaan
model pembelajaran skrip kooperatif (cooperative script). Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Adabiah
Padang sesudah penggunaan model pembelajaran skrip kooperatif (cooperative
script). Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran skrip
kooperatif (cooperative script) terhadap keterampilan menyimak berita siswa
kelas VII SMP Adabiah Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Adabiah Padang yang terdaftar pada
tahun pelajaran 2013/2014 sejumlah 240 orang. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 31 orang, diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian
ini adalah data kuantitatif, yaitu nilai keterampilan menyimak berita sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran skrip kooperatif (cooperative script).
Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji lilieford
untuk uji normalitas, homogenitas data, dan uji-t untuk mengetahui pengaruh
keterampilan menyimak berita menggunakan model pembelajaran cooperative
script siswa kelas VII SMP Adabiah Padang.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai
berikut. Pertama, keterampilan menyimak berita sebelum menggunakan model
pembelajaran cooperative script siswa kelas VII SMP Adabiah Padang berada
pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,54. Kedua, keterampilan
menyimak berita sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative script
siswa kelas VII SMP Adabiah Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup
dengan nilai rata-rata 75,40. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas VII SMP
Adabiah Padang untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 75. Jika KKM
tersebut dibandingkan dangan rata-rata keterampilan menyimak berita sesudah
menggunakan model pembelajaran cooperative script siswa SMP Adabiah Padang
sudah memenuhi KKM. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model cooperative script dalam
pembelajaran keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Adabiah
Padang karena nilai thitung > ttabel (4,45 > 1,67). Jadi, disimpulkan bahwa
keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Adabiah Padang sesudah
menggunakan model pembelajaran cooperative script lebih baik daripada sebelum
menggunakan model pembelajaran cooperative script.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:18 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31688 |
