Peningkatan Hasil Belajar Mengubah Pecahan ke Bentuk Persen dengan Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 13 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang

Febriani, Elsy (2011) Peningkatan Hasil Belajar Mengubah Pecahan ke Bentuk Persen dengan Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 13 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ELSY_FEBRIANI_83318_3715_2011.pdf] Text
final_B1_ELSY_FEBRIANI_83318_3715_2011.pdf

Download (243kB)

Abstract

Pembelajaran mengubah pecahan ke bentuk persen pada siswa SDN
13 Ikur Koto Kec Koto Tangah Kota Padang masih terfokus pada guru.
Guru langsung memberikan contoh cara mengubah pecahan ke bentuk
persen, tanpa mengetahui terlebih dahulu konsep persen yang sebenarnya,
dengan langsung mencontohkan cara mengubah pecahan ke persen tanpa
siswa mengetahu terlebih dahulu konsep persen sebenarnya. Guru lebih
banyak mendominasi pembelajaran dan meminta siswa mengerjakan latihan
yang ada dalam buku paket. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan:
(1) bentuk perencanaan, (2) pelaksanaan pembelajaran (3) hasil belajar
siswa.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan
yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan dokumentasi. Sumber
data adalah proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui
pendekatan CTL di kelas V SDN 13 Ikur Koto Padang. CTL memberikan
kesempatan pada siswa untuk menstruksi pengetahuannya dan menemukan
sendiri cara mengubah pecahan ke bentuk persen. Subjek peneliti terdiri dari
siswa kelas V SDN 13 Ikur Koto yang berjumlah sebanyak 22orang.
Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan
2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.
Hasil penelitian yang dilakukan persentase rata-rata kelas hasil belajar
siswa pada siklus I dengan materi mengubah pecahan kebentuk persen
adalah 62% pada siklus II dengan materi yang sama adalah 85%. Persentase
penilaian afektif pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 70% dan 75%.
sementara pada II pertemuan 1 dan 2 adalah 80% dan 84%. Persentase
penilaian psikomotor pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 68% dan 72%
sementara itu pada siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 81% dan 87%. Jadi,
dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar
mengubah pecahan ke bentuk persen.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:20
Last Modified: 04 Dec 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31683

Actions (login required)

View Item
View Item