Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 07 Belakang Tangsi Kota Padang

Susila, Elsi (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 07 Belakang Tangsi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ELSI_SUSILA_07518_2011.pdf] Text
final_B1_ELSI_SUSILA_07518_2011.pdf

Download (234kB)

Abstract

Pembelajaran menulis narasi bertujuan agar siswa mampu menulis
karangan berdasarkan gambar seri. Permasalahan yang akan diteliti adalah
bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan
Media Gambar Seri Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 07 Belakang Tangsi Kota
Padang. Karena berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa
kemampuan Menulis Narasi siswa masih kurang, penyebabnya adalah guru belum
optimal membimbing siswa saat prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan,
karena media yang digunakan tidaklah cocok atau kurang menarik.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan cara Peningkatan
Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Media Gmbar Seri pada
tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas dimana peneliti melakukan kolaborasi dengan guru
kelas. Perancangan penelitian disusun meliputi : 1) lokasi penelitian 2) subjek
penelitian, 3) waktu / lama penelitian 4) siklus dan alur penelitian 5) refleksi awal
6) perencanaan 7) pelaksanaan 8) pengamatan dan 9) refleksi. Subjek penelitian
adalah siswa kelas III SD Negeri 07 Belakang Tangsi Kota Padang, yang
berjumlah 17 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan.
Hasil yang dicapai dari 17 siswa selama belajar pada siklus I masih
dikategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat hasil belajar pada siklus
I pertemuan yaitu 67 dan pada siklus II yitu 90. Pada siklus II hasil yang dicapai
lebih baik, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan
demikian siswa sudah bisa menulis narasi dengan media gambar seri melalui
tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:54
Last Modified: 04 Dec 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31680

Actions (login required)

View Item
View Item