Harisa, Elsi (2011) Peningkatan Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Gambar bagi Siswa Kelas III SDN 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELSI_HARISA_07436_2011.pdf
Download (158kB)
Abstract
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana peningkatan keterampilan
menyimak dengan menggunakan media gambar bagi siswa kelas III SDN 14
Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Karena berdasarkan studi
pendahuluan diperoleh bahwa kemampuan menyimak siswa masih rendah,
penyebabnya guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa secara tidak
langsung masuk dalam kondisi pengajaran yang verbalistik. Selain itu guru tidak
menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran. Pembelajaran menyimak
bertujuan untuk peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan
media gambar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti
melakukan kolaborasi dengan guru kelas. Perancangan penelitian disusun meliputi :
1) tempat penelitian 2) subjek penelitian, 3) waktu / lama penelitian 4) siklus dan alur
penelitian 5) perencanaan 6) pelaksanaan 7) pengamatan dan 8) refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas III SDN 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah
Kota Padang, yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan
catatan lapangan.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil dari rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) pada siklus I sudah mulai terlaksana dengan baik yakni dengan
hasil 78,57 %. Sedangkan pada siklus II perencanaa pembelajaran sudah menujukkan
peningkatan dengan hasil yang sangat baik yakni 92,85% setelah dilakukan perbaikan
dari refleksi siklus I. Pada pelaksanaan pembelajaran menyimak siklus I masih rendah
dengan hasil 60% dengan kualifikasi cukup (C), pada siklus II telah lebih baik yakni
88% dengan kualifikasi penilaian sangat baik (SB). Hasil yang dicapai dari 23 siswa
selama belajar pada siklus I masih dikategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena
terlihat hasil belajar pada siklus I 69. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik
yakni dengan rata-rata 88, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan
pembelajaran. Dengan demikian siswa sudah dapat meningkatakan keterampilan
menyimak dengan menggunakan media gambar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:33 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31673 |
