Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang

Putri, Vika Meirian (2020) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VIKA_MEIRIAN_PUTRI_16024079_336_2020.pdf] Text
final_B1_1_VIKA_MEIRIAN_PUTRI_16024079_336_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kemampuan pada pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik adalah kemampuan penalaran matematis. Namun, kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang pada hakikatnya tergolong rendah. Hal ini terlihat saat dilakukan observasi dan diberikan tes yang disesuaikan dengan indikator kemampuan penalaran matematis. Peserta didik memiliki kemampuan penalaran yang rendah diakibatkan karena tidak terbiasanya peserta didik mengerjakan soal tidak rutin yang memerlukan kemampuan penalaran. Permasalahan ini diatasi dengan menerapkan model Discovery Learning selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 7 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis. Data hasil tes dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis tes dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik sehingga kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan Model Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 7 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Discovery Learning, Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:46
Last Modified: 09 Dec 2025 03:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31630

Actions (login required)

View Item
View Item