Wijayanti, Fitria (2017) Model Mental Siswa Kelas X pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negri Padang.
final_03_FITRIA_WIJAYANTI_15176012_15176012_4688_2017.pdf
Download (355kB)
Abstract
Model mental merupakan representasi suatu fenomena dalam tiga level
representasi yaitu level makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Materi
elektrolit dan nonelektrolit merupakan materi dasar yang dipelajari pada kelas
X.IPA di SMA. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan model mental siswa
kelas X SMA pada materi elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif. Instrumen yang digunakan merupakan pertanyaan tertutup yang terdiri
dari 21 butir soal yang menggambarkan 7 fenomena larutan elektrolit dan
nonelektrolit dalam tiga level representasi kimia yaitu makroskopis,
submikroskopis dan simbolik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X.IPA SMA N 1 Unggul Bukittinggi, dan sampel dalam penelitian adalah kelas
X.IPA 1 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian didapatkan Model mental
dalam fenomena larutan elektrolit berada pada model mental ditargetkan yang
artinya pemahaman siswa pada tiga level representasi telah sesuai dengan
kebanaran ilmiah. Model mental pada fenomena larutan nonelektrolit berada pada
model mental intermediet 3 artinya pemahaman siswa pada tiga level representasi
mendekati kebenaran secara ilmiah. Model mental pada fenomena
pengelompokkan senyawa pada model mental ditargetkan, artinya kemampuan
siswa pada tiga level representasi sesuai dengan kebenaran ilmiah. Pada tiga level
representasi siswa memiliki kemampuan yang tinggi pada makroskopik tetapi
rendah pada submikroskopik dan simbolik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Mental, Elektrolit dan Nonelektrolit |
| Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:44 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31625 |
