The Effect of Reciprocal Teaching Strategy and Reading Interest toward Students’ Reading Comprehension of Third Semester STAIN Kerinci Kerinci

Ramita, Yuli (2015) The Effect of Reciprocal Teaching Strategy and Reading Interest toward Students’ Reading Comprehension of Third Semester STAIN Kerinci Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YULI_RAMITA_3105_2015.pdf] Text
final_2_YULI_RAMITA_3105_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Pengajaran Resiprokal dan Minat Baca Terhadap Pemahaman Membaca Mahasiswa Semester III STAIN Kerinci. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Pemahaman membaca yang rendah terhadap teks beserta komponennya adalah permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa reading III STAIN Kerinci. Strategi yang sesuai untuk pengajaran pemahaman membaca memiliki beberapa variasi. Salah satu variasi strategi pengajaran pemahaman membaca adalah resiprokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana dampak antara dua strategi pengajaran; resiprokal dan konvensional dengan level minat baca mahasiswa. Rancangan penelitian ini ialah faktorial dengan jenis 2x2 disebabkan memiliki dua faktor yaitu strategi pengajaran dan level minat baca. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive. Kelas A dan B merupakan sampel yang didapat. Ada dua instrumen untuk mengumpulkan data yaitu tes untuk pemahaman membaca dan kuisioner untuk pengelompokkan minat baca yang rendah dan tinggi. Statistik parametrik adalah teknik analisa data dengan menggunakan anava dua arah. Empat temuan menunjukkan bahwa strategi pengajaran resiprokal lebih efektif jika dibandingkan strategi pengajaran konvensional terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Terdapat interaksi antara dua strategi pengajaran dan level minat baca terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Strategi pengajaran resiprokal lebih efektif jika diterapkan pada mahasiswa dengan minat baca yang tinggi, dan pengajaran konvensional lebih efektif jika diterapkan pada mahasiswa dengan minat baca yang rendah

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pengajaran Resiprokal dan Minat Baca Terhadap Pemahaman Membaca
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:42
Last Modified: 09 Dec 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31623

Actions (login required)

View Item
View Item