Ningsih, Fitria Pratama (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi ACE pada Materi Relasi Fungsi dan Persamaan Garis Lurus untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Kelas VIII SMP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.
final_03_FITRIA_PRATAMA_NINGSIH_14205016_1751_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perangkat pembelajaran yang digunakan sekolah saat ini seperti RPP dan LKPD belum optimal dalam membantu peserta didik membangun pemahamannya. Akibatnya kemampuan matematis peserta didik rendah. Salah satu kemampuan matematis yang rendah yaitu komunikasi matematis. Untuk itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran matematika yang dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuannya dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematisnya. Pada penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis ACE yang diharapkan dapat mencapai sasaran tersebut. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis ACE yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary, prototyping dan assesment. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII7 SMPN 12 Padang. Validasi prangkat pembelajaran dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, pengisian angket praktikalitas oleh peserta didik dan guru serta wawancara dengan peserta didik. Kefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis ACE yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Perangkat pembelajaran juga telah efektif dari segi hasil belajar kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Dalam hal ini, hasil belajar peserta didik lebih dari 65% peserta didik mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis ACE untuk pembelajaran matematika di kelas VIII yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan Matematis |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:39 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31613 |
