Hubungan Keterampilan Membaca Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang

Sumarni, Yetti (2014) Hubungan Keterampilan Membaca Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YETTI_SUMARNI_18165_2706_2014.pdf] Text
final_B1_1_YETTI_SUMARNI_18165_2706_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan membaca teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang tahun ajaran 2014/2015. Populasi berjumlah sebanyak 230 orang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara propotional random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu keterampilan membaca teks cerpen sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks cerpen sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca teks cerpen, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks cerpen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara. Pertama, data keterampilan membaca teks cerpen dikumpulkan pada tanggal 12 Desember 2013. Kedua, data keterampilan menulis teks cerpen dikumpulkan pada tanggal 16 Desember 2013. Berdasarkan deskripsi data, analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, rata-rata keterampilan membaca teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (72,33) pada rentangan 66%-75%. Kedua, rata-rata keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (71,52) pada rentangan 66%-75%. Ketiga, terdapat hubungan yang sifnifikan antara keterampilan membaca teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik keterampilan membaca teks cerpen siswa, semakin baik pula keterampilan menulis teks cerpen siswa. Sebaliknya, semakin rendah keterampilan membaca teks cerpen siswa, semakin rendah pula keterampilan menulis teks cerpen siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:38
Last Modified: 09 Dec 2025 03:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31605

Actions (login required)

View Item
View Item