Kontribusi Minat Baca dan Pengetahuan Sastra terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA 8 Padang

Gusneti, Azma (2017) Kontribusi Minat Baca dan Pengetahuan Sastra terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA 8 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_AZMA_GUSNETI_1304012_2639_2017.pdf] Text
final_02_AZMA_GUSNETI_1304012_2639_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan Question Answer Relationship (QAR) Strategy dan Minat Baca terhadap pemahaman membaca teks deskriptif siswa di kelas VIII SMPN 2 Kota Solok. Disain penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan factorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada tahun akademik 2016/2017 yang terdiri dari 10 kelas (324 siswa). Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian kelas VIII.1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 orang siswa dan kelas VIII.2 terpilih sebagai kelas kontrol yang juga terdiri dari 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman membaca teks deskriptif dan angket minat baca. Instrumen telah diujicobakan terlebih dahulu kepada grup lain yang memiliki kemampuan seimbang dengan grup eksperimen dan kontrol. Data penelitian yang didapat dianalisa dengan menggunakan tes Lilieford untuk normalitas, tes varian untuk menguji homogenitas, t-test dan ANOVA untuk menguji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Question – Answer Relationship (QAR) memberikan pengaruh signifikan terhadap pemahaman membaca siswa dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan strategi Small Group Discussion, (2) Siswa yang memiliki minat baca tinggi yang diajar melalui strategi Question – Answer Relationship (QAR)memiliki hasil lebih baik terhadap pemahaman membaca dibandingkan siswa yang memiliki minat baca tinggi yang diajar menggunakan strategi Small Group Discussion,(3) Siswa yang memiliki minat baca rendah yang diajar melalui strategi Question – Answer Relationship (QAR)memiliki hasil lebih baik terhadap pemahaman membaca dibandingkan siswa yang memiliki minat baca rendah yang diajar menggunakan strategi Small Group Discussion,(4) Tidak ditemukan adanya interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan minat baca terhadap pemahaman membaca siswa. Kesimpulannya, strategi pengajaran menggunakan QAR memberikan hasil yang lebih baik terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa dibandingkan strategi small group discussion. Akan tetapi tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat baca dalam kemampuan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Minat Baca dan Pengetahuan Sastra terhadap Keterampilan Menulis Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:36
Last Modified: 09 Dec 2025 03:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31594

Actions (login required)

View Item
View Item