Popi, Asni Dia (2016) Pengaruh Strategi Piramida Kalimat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembentukan Kalimat dalam Keterampilan Menulis: Penelitian yang dilakukan pada Kelas X SMAN 11 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_ASNI_DIA_POPI_19348_41_2021.pdf
Download (603kB)
Abstract
Strategi pembelajaran dan motivasi belajar termasuk faktor yang mempengaruhi siswa belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menerapkan strategi piramida kalimat untuk pembentukan kalimat sederhana dan bertujuan untuk megetahui apakah strategi tersebut dan motivasi belajar memberi pengaruh yang baik terhadap pembentukan kalimat sederhana dari teks deskriptif dan news item pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Padang. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2x2 yang dilaksanakan selama 10 pertemuan. Pengambilan sampel secara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X8 sebagai kelas kontrol dengan total siswa 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan ujian menulis. Setelah penelitian dilaksanakan, hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Hasil pembentukan kalimat sederhana siswa pada teks deskriptif dan news item yang diajar melalui strategi piramida kalimat lebih baik dari siswa yang diajar melalui strategi controlled composition. (2) Hasil pembentukan kalimat sederhana siswa yang bermotivasi tinggi yang diajar dengan strategi piramida kalimat lebih baik dari siswa yang bermotivasi tinggi yang diajar melalui strategi controlled composition. (3) Hasil pembentukan kalimat sederhana siswa yang bermotivasi rendah yang diajar dengan strategi piramida kalimat lebih baik dari siswa yang bermotivasi rendah yang diajar dengan strategi controlled composition. (4) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil diatas disimpulkan bahwa strategi piramida kalimat memberi pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan kalimat sederhana siswa dalam teks deskriptif dan news item pada tahun ajaran 2012/2013. Hal ini mengimplikasikan bahwa strategi ini dapat menjadi alternatif bagi guru bahasa Inggris dalam mengajarkan keterampilan menulis terutama pada pembentukan kalimat untuk kemudian membantu mereka membuat karangan yang baik
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Strategi Piramida Kalimat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembentukan Kalimat Dalam Keterampilan Menulis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:33 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31582 |
