Warni, Asis (2019) Pengaruh Umpan Balik Korektif yang digunakan oleh Guru terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif dan Persepsi Siswa terhadap Umpan Balik Korektif Tersebut di MA Persada Ulakan, Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_ASIS_WARNI_19272_3774_2020.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh umpan balik korektif yang diberikan oleh guru terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dan persepsi siswa terhadap umpan balik korektif tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran yang melibatkan kombinasi kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Persada Ulakan, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik pemilihan sampel secara acak. Instrumen pengumpulan data adalah tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes menulis yang mencakup pre-test dan post-test, dan instrumen non-tes adalah daftar ceklis siswa. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung (7,517) lebih besar dari hasil t-tabel (2,080) dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) 21. Ini terkait dengan penggunaan umpan balik korektif dalam menulis teks deskriptif. Selanjutnya, persepsi siswa terhadap umpan balik korektif, 59,09% siswa mengatakan bahwa umpan balik korektif jenis langsung dapat membantu mereka untuk memecahkan masalah dan memperbaiki kesalahan mereka, 54,55% siswa juga mengatakan bahwa mereka dapat mengetahui dan memahami kesalahan mereka tentang tanda baca, ejaan, dan kapitalisasi melalui umpan balik korektif tidak langsung. Selanjutnya, setengah atau 50% dari sampel mengatakan bahwa umpan balik korektif tidak langsung membantu mereka menulis topik dan detail yang baik. Sebagai kesimpulan, umpan balik korektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dan siswa memiliki persepsi positif tentang umpan balik korektif tersebut.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Umpan Balik Korektif yang digunakan oleh Guru terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif dan Persepsi Siswa Terhadap Umpan Balik Korektif |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:31 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:31 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31579 |
