Preposition Errors Made by English Department Students in Writing Argumentative Essay: A Study at University of Ekasakti Padang

Arwendi, Arwendi (2020) Preposition Errors Made by English Department Students in Writing Argumentative Essay: A Study at University of Ekasakti Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_ARWENDI_1204326 _1939_2020.pdf] Text
final_02_ARWENDI_1204326 _1939_2020.pdf

Download (609kB)

Abstract

Preposisi adalah salah satu elemen bahasa yang memainkan peranan penting untuk menggabungkan kata-kata untuk membangun kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan kata depan yang muncul dalam tulisan karangan argumentasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penyebab kesalahan-kesalahan tersebut.Sumber data penelitian ini adalah tulisan mahasiswa semester lima program studi bahasa Inggris Universitas Ekasakti yang terdiri dari 50 mahasiswa. Para mahasiswa tersebut dipilih secara acak dengan mengurutkan nama-nama mahasiswa tersebut dari nomor 1 sampai 50, kemudian peneliti memilih nama-nama mahasiswa pada setiap nomor kelipatan dua sebagai sampel dalam penelitian ini. Maksudnya, dari mahasiswa nomor 1 sampai nomor 50, peneliti hanya memilih mahasiswa nomor 2, mahasiswa nomor 4, mahasiswa nomor 6, mahasiswa nomor 8, mahasiswa nomor 10, mahasiswa nomor 12, mahasiswa nomor 14, dan seterusnya hingga didapatkan 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini adalah tentang eror dalam penggunaan preposisi oleh mahasiswa semester lima Bahasa Inggris Universitas Ekasakti Padang. Data penelitian ini adalah preposisi yang salah yang ditemukan dalam esai argumentativ yang ditulis oleh mahasiswa. Data tersebut dikumpulkan melalui pemberian tes menulis esai argumentativ kepada mahasiswa. Untuk mengetahui penyebabnya, data dikumpulkan melalui interview. Penelitian ini menginvestigasi tipe-tipe eror, dan apa penyebabnya. Temuan menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan preposisi. Semua itu termasuk dalam omissions, insertions, and misselection Sementara itu, tuntunan interview didasarkan pada teori Richard tentang penyebab eror. Adapun penyebab kesalahan mahasiswa tersebut yaitu dikarenakan overgeneralization, ignorance of rule restriction, incomplete application of the rules, dan false concept hypothesized. Dari temuan penelitian tersebut disimpulkan bahwa mahasiswa membuat kesalahan dalam penggunaan preposisi dalam menulis esai argumentasi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Preposition Errors Made by English Department Students in Writing Argumentative Essay
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:42
Last Modified: 09 Dec 2025 02:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31565

Actions (login required)

View Item
View Item