Surya, Yenni Fitra (2014) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Percontohan Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_YENTI_FITRA_SURYA_1203970_4826_2014.pdf
Download (434kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah yang terjadi di Kelas III SD N 02 Percontohan Bukittinggi, yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan analisis terhadap hasil UH I peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu di kelas III SD N 02 Percontohan Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan the static camparison: randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD N 02 Percontohan Bukittinggi dengan sampel kelas III A sebagai kelas kontrol dan III B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji chi kuadrad dan uji-t. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan aktivitas yang signifikan bagi peserta didik yang diajar menggunakan model PBL dengan aktivitas peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga chi kuadrat sebesar 25,12 dengan taraf signifikan 5% adalah 7,815, harga chi hitung lebih besar dari chi tabel sehingga H1 diterima. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan bagi peserta didik yang diajar menggunakan model PBL dengan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung sebesar 4,23 dengan taraf signifikan 5% adalah 1,67, harga t hitung lebih besar dari t tabel sehingga H1 diterima.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:42 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31562 |
