Improving Students’ Reading Comprehension of Narrative Text by using Questioning Technique at grade VIIIF SMP N 7 Dumai

Muhardika, Arlin (2010) Improving Students’ Reading Comprehension of Narrative Text by using Questioning Technique at grade VIIIF SMP N 7 Dumai. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_ARINI_KUMALA_SARI_1309444_981_2017.pdf] Text
final_02_ARINI_KUMALA_SARI_1309444_981_2017.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of final_02_ARLIN_MUHARDIKA_10936_3869_2012.pdf] Text
final_02_ARLIN_MUHARDIKA_10936_3869_2012.pdf

Download (766kB)

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIIIF SMP N 7 Dumai adalah rendahnya pemahaman siswa dalam membaca teks naratif. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan teks naratif, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIIIF SMP N 7 Dumai dalam membaca pemahaman naratif teks dan menemukan faktor- faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan Questioning Technique. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdapat 4 kali pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti dibantu oleh seorang kolaborator untuk mengumpulkan data yang didapat dari tes, observasi, field note and interview. Setelah menganalisa dan mengkalkulasi data yang diperoleh, hasil penelitian menunjukkan bahwa Questioning Technique dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Faktor yang mempengaruhi hasil membaca pemahaman siswa yaitu; minat siswa dalam menjawab pertanyaan guru menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk berpartisipasi dalam proses belajar. Keseluruhan langkah-langkah pada Questioning technique mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman narrative siswa, dan atmosfir kelas selama proses belajar mengajar berlangsung. Beberapa factor diatas sangat mempengaruhi pemahaman membaca siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan, Questioning Technique merupakan sebuah teknik yang bagus bagi siswa untuk meningkatkan kemanpuan membaca pemahaman bahasa inggris.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Improving Students’ Reading Comprehension of Narrative Text
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:39
Last Modified: 09 Dec 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31549

Actions (login required)

View Item
View Item