Hebroni, Yesi (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YESI_HEBRONI_1200856_3973_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas kontrol. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas Eksperimen. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua yang berjumlah 106 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua kelas, kelas X.3 (kontrol) berjumlah 23 orang dan kelas X.1 (eksperimen) berjumlah 20 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis argumentasi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas kontrol berada pada kualifikasi lebih dari cukup (66,91). Kedua, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas eksperimen berada pada kualifikasi baik (81,94). Ketiga, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (81,94>66,91). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pua kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel yaitu 7,28>1,68. Dengan kata lain, penggunaan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual direkomendasikan dalam pembelajaran keterampilan menulis argumentasi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:14 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31531 |
