Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015

Larustam, Vanny (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VANNY_LARUSTAM_1101218_5745_20158.pdf] Text
final_B1_1_VANNY_LARUSTAM_1101218_5745_20158.pdf

Download (633kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan tujuan pembelajaran matematika pertama yang harus dicapai oleh siswa. Faktanya pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang belum optimal. Penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional belum mampu membuat siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri dan belum mampu memotivasi siswa untuk belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT diperkirakan mampu membuat siswa aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri dengan saling membantu satu sama lain dalam tim belajar untuk memahami materi melalui berpikir secara individu maupun secara berkelompok. Kegiatan TGT diperkirakan mampu membuat siswa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 6 Padang dengan sampel kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan X.7 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep matematika. Berdasarkan analisis data normal gain pada taraf nyata diperoleh P-value = 0,026, karena P-value < maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:13
Last Modified: 09 Dec 2025 02:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31527

Actions (login required)

View Item
View Item