Pengembangan Media Interaktif untuk Pelajaran Menggambar Bentuk pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII MTS/ SMP

Novi, Parmiza (2015) Pengembangan Media Interaktif untuk Pelajaran Menggambar Bentuk pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII MTS/ SMP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_PARMIZA_NOVI_1104101_3026_2018.pdf] Text
final_02_PARMIZA_NOVI_1104101_3026_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengetahui pendidikan saat ini. Dalam bidang pendidikan, seni budaya merupakan mata pelajaran materi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehingga menyentuh perkembangan jiwa siswa. Tujuan mata pelajaran seni budaya adalah untuk mengembangkan sikap dan kemampuan siswa agar berkreasi dan menghargai seni budaya, salah satu materi seni budaya adalah seni rupa. Dalam pelajaran seni rupa terdapat beberapa macam materi salah satunya dalam bidang gambar yaitu gambar bentuk. Maka untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, penulis mengembangkan melalui media interaktif pembelajaran gambar bentuk. Pengembangan media ini bertujuan untuk menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and Development. Model pengembangan ini menerapkan prinsip-prinsip pendekatan yang terdiri dari lima tahap yaitu analisa (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), evaluasi (evaluate), dan implementasi (implement). Tahap define dilakukan analisis kurikulum, siswa dan konsep. Tahap design merancang media interaktif. Tahap develop dilakukan validasi dan uji coba media pada siswa MTsN Simpang Empat kelas VIIA, untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas media interaktif yang di kembangkan. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop) saja. Data validasi media berasal dari lembaran validasi, data untuk menentukan praktikalitas diperoleh dari angket praktikalitas guru dan siswa. Data efektifitas diperoleh dari aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji validitas media interaktif diperoleh rata-rata validitas 3,29 dengan kategori sangat valid. Praktikalitas media interaktif dapat dilihat dari respon guru diperoleh skor 88,98 dengan kategori sangat praktis dan respon siswa diperoleh skor 86,11 dengan kategori sangat praktis. Media interaktif ini sangat efektif ditinjau dari tiga aspek yaitu, motivasi belajar siswa dengan skor 93,15 pengamatan aktivitas siswa dengan skor 84,04 dan aspek hasil belajar 27 orang siswa MTsN Simpang Empat kelas VII 100% Tuntas. Jadi, media interaktif pelajaran menggambar bentuk sangat valid, sangat efektif, sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran serta efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: research and,Development,teknologi informasi komunikasi
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:13
Last Modified: 09 Dec 2025 02:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31526

Actions (login required)

View Item
View Item