Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Adabiah 2 Padang

Arifin, Yesi (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YESI_ARIFIN_15029124_208_2022.pdf] Text
final_B1_1_YESI_ARIFIN_15029124_208_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Namun kenyataannya di SMA ADABIAH 2 Padang kemampuan ini masih belum optimal. Strategi pembelajaran belum mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Jika kemampuan ini rendah, maka akan berpengaruh pada kemampuan matematis lainnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA ADABIAH 2 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah quasy experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya kelas XI MIPA SMA ADABIAH 2 Padang dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes kemampuan pemahaman konsep. Data perkembangan kemampuan ini dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan hasil tes didianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan kemampuan pemahaman konsep meningkat dengan strategi REACT, dan berdasarkan hasil analisis tes diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI SMA ADABIAH 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Strategi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:08
Last Modified: 09 Dec 2025 02:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31512

Actions (login required)

View Item
View Item