Br. Hutagalung, Yenny Meidiana (2014) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Model Pemecahan Matematika Siswa Kelas VIII Masalah SMP Negeri 2 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YENNY_MEIDIANA_54822_5527_2014.pdf
Download (576kB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang masih rendah. Pembelajaran belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka, sehingga siswa mengalami masalah saat dihadapkan dengan soal-soal yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa selama diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dan membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kuasi eksperimen. Rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang selain kelas unggul pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih siswa kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan siswa VIII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa kuis dan tes akhir. Kuis dianalisis dengan menentukan rata-rata nilai kuis, persentase siswa yang tuntas dan persentase ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sedangkan tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji statistik non parametrik, yaitu uji Mann Withney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa cenderung meningkat selama diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada taraf nyata α =0,05.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31505 |
