Putri, Anessy Yarma (2016) Analisis Penggunaaan Alih Kode Bahasa Inggris Arab Didalam Percakapan Sehari-hari Siswa Asrama MAN Koto Baru Padang Panjang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_ANESSY_YARMA_PUTRI_14178003_6782_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji fenomena alih kode dalam percakapan siswa di asrama putri keagamaan. Penelitian ini juga berfokus kepada pengidentifikasian tipe-tipe, fungsi-fungsi, dan alasan-alasan siswa menggunakan alih kode di dalam percakapan sehari-hari. Jenis penelitian ini ialah deskriptif. Data pertama didalam penelitian ini adalah ujaran-ujaran siswa yang mengandung alih kode didalam percakapan sehari-hari untuk menemukan tipe-tipe dan fungsi fungsi alih kode yang digunakan siswa didalam percakapan sehari-hari. Data kedua adalah hasil wawancara siswa yang digunakan untuk menemukan alasan alasan siswa menggunakan alih kode didalam percakapan. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam dan wawancara. Hasil temuan menunjukkan terdapat lima jenis alih kode yang digunakan siswa didalam percakapan sehari-hari, yaitu metaphorical switching, situational switching, intra-sentential switching, inter sentential switching, and tag switching. Selanjutnya ditemukan 10 fungsi alih kode yang digunakan siswa dalam percakapan sehari-hari, yaitu quotation, addressee specification, interjection, reiteration, message qualification, personification versus objectivization, clarification, checking as another guide, and specific features of Islamic English. Kemudian terdapat tujuh alasan siswa menggunakan alih kode didalam percakapan sehari-hari, yaitu untuk menunjukkan solidaritas, untuk membuat percakapan menjadi lebih mudah, untuk memberikan penekanan, untuk meyakinkan atau memotivasi lawan bicara dengan mengutip sesuatu, untuk menghindari kurangnya kosakata, untuk menunjukkan status, dan untuk menjaga rahasia.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Alih kode Bahasa Inggris-Arab |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 01:57 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 01:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31489 |
