Peningkatan Keterampilan Berdialog Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang melalui Teknik Bermain Peran.

Surahman, Yenita (2013) Peningkatan Keterampilan Berdialog Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang melalui Teknik Bermain Peran. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YENITA_SURAHMAN_86457_1693_2012.pdf] Text
final_B1_1_YENITA_SURAHMAN_86457_1693_2012.pdf

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prosedur peningkatan keterampilan berdialog siswa kelas XI SMAN 7 Padang melalui teknik bermain peran, dan (2) mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan berdialog siswa kelas XI SMAN 7 Padang melalui teknik bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA N 7 Padang yang berjumlah 35 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja, lembaran observasi siswa, catatan lapangan, dan angket respon siswa untuk melihat proses kegiatan siklus 1 dan 2, dan untuk melihat peningkatan keterampilan berdialog siswa kelas XI SMA N 7 Padang melalui teknik bermain peran. Berdasarkan hasil temuan data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut; (1) lafal pada siklus 1 berada pada kualifikasi hampir cukup (46,28) dan siklus 2 berada pada kualifikasi lebih dari baik (81,71), (2) volume suara pada siklus 1 berada pada kualifikasi hampir cukup (53,71) meningkat menjadi kualifikasi baik sekali (89,14) pada siklus 2, (3) gerak-gerik berada pada kualifikasi cukup (44,57) meningkat menjadi kualifikasi baik (83,42) pada siklus 2, dan (4) menggunakan mimik pada siklus 1 berada pada kualifikasi hampir cukup (44) meningkat menjadi kualifikasi baik (82,28) pada siklus 2. Proses pembelajaran dengan teknik bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berdialog siswa. Hal ini terbukti dari hasil tes keterampilan berdialog siswa dari keseluruhan rata-rata meningkat dari siklus 1 berada pada kualifikasi cukup (47,14) meningkat menjadi kualifikasi baik pada siklus 2 (84,14). Data kualitatif seperti lembaran observasi siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan, catatan lapangan menunjukkan aktivitas siswa mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan adanya ketertarikkan siswa dalam berdialog ke depan kelas melalui teknik bermain peran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berdialog
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:54
Last Modified: 09 Dec 2025 01:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31484

Actions (login required)

View Item
View Item