Utilizing Needs Analysis in Evaluating Cross-Interest English Program of Grade XI at SMAN 3 Bukittinggi

Putri, Nurhidayati (2019) Utilizing Needs Analysis in Evaluating Cross-Interest English Program of Grade XI at SMAN 3 Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_NURHIDAYATI_PUTRI_1304048_2355_2019.pdf] Text
final_02_NURHIDAYATI_PUTRI_1304048_2355_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Lintas Minat Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran pilihan di SMA N 3 Bukittinggi. Berdasarkan penelitian awal terhadap pelaksanaan program ini, ditemukan bahwa materi dalam program tersebut dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal ini merupakan akibat tidak ada atau kurangnya analisa kebutuhan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program tersebut berdasarkan hasil analisa kebutuhan. Untuk mencapai tujuan tersebut, angket dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Tipe evaluasi digunakan dalam penelitian ini dimana siswa kelas IX dan guru di sekolah tersebut, beserta dosen bahasa Inggris di kampus terkait dijadikan responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pertama, kebutuhan target siswa adalah bahasa Inggris yang berhubungan dengan pendidikan dan pekerjaan di masa depan. Siswa memiliki kesulitan dalam beberapa keahlian berbicara yang mereka butuhkan di masa depan. Kedua, siswa membutuhkan strategi belajar yang lebih beragam dari guru. Ketiga, kompetensi dasar dalam silabus tidak secara langsung mendukung tujuan program tersebut. Kebutuhan siswa akan bahasa Inggris yang berhubungan dengan pendidikan dan pekerjaan hanya sedikit terpenuhi oleh silabus.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: erest English
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:38
Last Modified: 09 Dec 2025 01:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31481

Actions (login required)

View Item
View Item