Rahman, Aida Fitri (2018) Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AIDA_FITRI_RAHMAN_14016057_3499_2018.pdf [thumbnail of B1_01_AIDA_FITRI_RAHMAN_14016057_3499_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AIDA_FITRI_RAHMAN_14016057_3499_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) implementasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teks melalui empat tahap pembelajaran, yaitu tahap penyusunan konteks, tahap pemodelan, tahap membangun teks secara bersama, dan tahap membangun teks secara mandiri , (2) kendala-kendala yang dihadapi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teks.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman yaitu SMPN 1 Sungai Limau, SMPN 1 2X11 Kayu Tanam, dan SMPN 1 2X11 Enam Lingkung. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang dilakukan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan dua hal berikut. (1) Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dengan empat tahap pembelajaran yaitu penyusunan konteks, pemodelan, membangun teks secara bersama, dan membangun teks secara mandiri telah dilaksanakan oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman. (3) Kendala yang dialami guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMPN Kabupaten Padang Pariaman antara lain keterbatasan ketersedian jumlah buku paket, sarana dan prasarana, dan kurangnya minat siswa dalam belajar terutama untuk membaca dan menulis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:19 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3147 |