Penerapan Metode Buzz Group dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok Tahun Pelajaran 2011/2012

Edvira, Else Desfi (2012) Penerapan Metode Buzz Group dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Else Desfi Edvira_86185.pdf] Text
final_B1_Else Desfi Edvira_86185.pdf

Download (607kB)

Abstract

Ide penelitian ini dimulai dari rendahnya hasil belajar matematika siswa di
SMP Negeri 2 Kota Solok. Faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang masih
terpusat pada guru, siswa kurang serius dalam proses pembelajaran, siswa kurang
aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru dan hanya beberapa siswa
yang memperhatikan guru sedangkan siswa yang lain terkadang asyik dengan
kegiatan sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah
aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota
Solok selama penerapan metode Buzz Group. Hipotesis penelitian ini adalah Hasil
belajar matematika siswa dengan penerapan metode Buzz Group lebih baik
daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran
konvensional dikelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas belajar dan hasil belajar
matematika siswa dengan menerapkan metode Buzz Group lebih baik dari
pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan aktivitas hasil
belajar rancangan penelitian Randomized Control-grup Only Design. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Terpilih Kelas
VIII.2 (eksperimen) dan kelas VIII.3 (kontrol). Sampel penelitian dipilih secara
acak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar.
Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak dengan bantuan software
MINITAB. Penghitungan P-Value < α, maka hipotesis yang diajukan diterima
pada taraf kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya peningkatan aktivitas belajar
siswa. Grafik persentase aktivitas mengalami peningkatan pada beberapa
indikator pengamatan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 70.11 dengan
simpangan baku 9.89, dan kelas kontrol 65.03 dengan simpangan baku 9.15
Analisis dilakukan dengan bantuan sofware Minitab. Hasil perhitungan diperoleh
P-Value = 0,016 lebih kecil dari α = 0,05. Kesimpulan bahwa hasil belajar
matematika siswa yang menerapkan metode Buzz Group lebih baik dari pada hasil
belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas
VIII SMP Negeri 2 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:54
Last Modified: 04 Dec 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31451

Actions (login required)

View Item
View Item