Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang

Haryanti, Dwi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DWI_HARYANTI_83298_2011.pdf] Text
final_B1_DWI_HARYANTI_83298_2011.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa pada pembelajaran penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang, pembelajaran di kelas tersebut tidak didukung oleh media pembelajaran
yang konkret atau alat peraga oleh guru dan pendekatan atau metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Guru menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi
siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Dari kenyataan yang ditemui di lapangan maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan tentang pembelajaran penjumlahan bulat dengan pendekatan
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal,kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe TPS yaitu dengan langkah-langkah: guru menyampaikan topik inti materi/permasalahan, berpikir (think), berpasangan (pair), berbagi (share), guru
menambah materi yang belum diungkapkan para siswa, kesimpulan dan penutup. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar
siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat pada hasil tes siswa, dimana ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I temuan 1 diperoleh 43,75% kemudian siklus I pertemuan 2 diperoleh 62,5% .
Dan siklus II diperoleh 93,75%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:47
Last Modified: 04 Dec 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31445

Actions (login required)

View Item
View Item