Putri, Meta Ciciana (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_META_CICIANA_PUTRI_1101215_1413_2016.pdf [thumbnail of B1_01_META_CICIANA_PUTRI_1101215_1413_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_META_CICIANA_PUTRI_1101215_1413_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Pemahaman konsep matematika merupakan dasar bagi siswa dalam memahami matematika dengan baik agar tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 5 Solok belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa. Di samping itu, siswa juga kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Model pembelajaran kooperatif tipe STADakan menuntut siswa secara optimal dalam memahami konsep dan memperoleh pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADlebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 5 Solok
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Solok dengan sampel kelas VIII.E dan VIII.F. Pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan menggunakan tes akhir untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa. Data aktivitas belajar siswa dianalisis menggunakan persentase dan data tes akhir dianalisis menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas belajar siswa cenderung meningkat dan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model STAD lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 5 Solok untuk taraf nyata α = 0,05.Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 71,94 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 63,54.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:19 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3143 |