Improving Students' Speaking Skill of Descriptive Text by Using Theree-Step Interview Technique at Grade VIII.B of SMPN 2 Sarolangun

Fussalam, Evi Yahfenel (2014) Improving Students' Speaking Skill of Descriptive Text by Using Theree-Step Interview Technique at Grade VIII.B of SMPN 2 Sarolangun. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YAHFENEL_EVI_FUSSALAM_1103728_2972_2014.pdf] Text
final_2_YAHFENEL_EVI_FUSSALAM_1103728_2972_2014.pdf

Download (525kB)

Abstract

Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Berbicara Teks Descriptif dengan Menggunakan Tehnik Wawancara Tiga Langkah di Kelas VIII.B SMPN 2 Sarolangun. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Berdasarkan pengalaman dan observasi peneliti, kemampuan berbicara siswa kelas VIII.B SMPN 2 Sarolangun terhadap teks descriptif masih rendah. Masalah ini disebabkan beberapa faktor; kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran dan tehnik yang digunakan guru dalam mengajar belum efektif. Akibatnya, siswa tidak bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara menggunakan tehnik wawancara tiga langkah. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII.B SMPN 2 Sarolangun dan melibatkan 27 orang siswa semester satu tahun akademik 2013-2014. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan dua metode analisis data. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menilai dan menginterpretasikan data yang berasal dari latihan wawancara tiga langkah dan tes lisan. Data yang berasal dari lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara dianalisa dengan menggunakan analisis data kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) tehnik wawancara tiga langkah berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam teks descriptif yang meliputi peningkatan pada setiap indikator berbicara yakni isi, tata bahasa, kelancaran, pengucapan dan kosa kata, dan (2) perubahan kemampuan berbicara siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu (a) faktor internal di mana kemampuan berbicara siswa berubah disebabkan oleh motivasi dan kecemasan siswa dalam berbicara, dan (b) faktor eksternal yang meliputi bahan pembelajaran, kegiatan kelas, pengelolaan kelas dan pendekatan guru. Kesimpulannya adalah penerapan tehnik wawancara tiga langkah pada pengajaran berbicara teks descriptif dapat memberikan hasil yang signifikan pada peningkatan keterampilan berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Berbicara Teks Descriptif Menggunakan Tehnik Wawancara Tiga Langkah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 09:39
Last Modified: 08 Dec 2025 09:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31415

Actions (login required)

View Item
View Item