Zainal, Rahmy Seba (2019) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_RAHMY_SEBA_ZAINAL_1100559_366_2020.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya hasil belajar siswa yang
rendah. Salah satu indikator atau penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah
motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi
belajar , (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan (3) menguji hubungan
motivasi belajar dengan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif dan
korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 4 Solok berjumlah
540 siswa. Dengan sampel sebanyak 228 siswa, terdiri dari kelas X, XI, dan XII
yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data dianalisis dengan teknik
presentase dan untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson
Correlation Product Moment, dengan bantuan aplikasi SPSS for windows versi
20.0
Hasil penelitian ditemukan (1) secara umum motivasi belajar berada pada
kategori sedang, (2) secara umum hasil belajar siswa berada pada kategori sedang,
dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan
hasil belajar siswa dengan rxy = 0,150 dan taraf signifikansi 0,023. Artinya
semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:44 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31411 |
