Dewi, Wisma (2016) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Parafrase Berbasis Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_WISMA_DEWI_1303935_3863_2016.pdf
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar menulis yang mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Sebuah bahan ajar menulis yang baik hendaknya mampu meningkatkan minat menulis siswa, memotivasi siswa untuk secara aktif dalam pembelajaran, dan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi menjadi sebuah cerita. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan bahan ajar menulis parafrase berbasis kooperatif tipe STAD. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar menulis yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D terdiri dari pendefinisian (define) pada fase ini yang dilakukan adalah analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan analisis siswa. Perancangan (design) pada fase ini yang dilakukan adalah menyusun indikator dan bahan ajar. Pengembangan (development) pada fase ini yang dilakukan adalah validasi yang dilanjutkan dengan revisi sampai bahan ajar kota dikatakan valid, dan adanya tahap uji coba pada siswa, analisis uji coba sehingga bahan ajar kita dikatakan valid. Penyebaran (disseminate) pada tahap ini barulah dilakukan penyebaran bahan ajar. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar dan RPP. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dari uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa bahan ajar menulis yang dihasilkan sudah valid. Hasil observasi dan angket menyatakan bahwa bahan ajar ini praktis. Pada tahap uji efektifitas 76%, didapatkan hasil rata-rata penilaian keterampilan menulis untuk penilaian keterampilan proses sudah berada pada kategori baik 96%. Berdasarkan hasil tersebut dsapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis parafrase berbasis kooperatif tipe STAD di kelas VI SD telah valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Menulis, Kooperatif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:39 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31410 |
