Zuraida, Zuraida (2014) Pengaruh Strategi Experiential Learning dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_ZURAIDA_1109892_1531_2014.pdf
Download (420kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan hasil belajar menulis puisi kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi experiential learning dengan pembelajaran konvensional; (2) perbedaan hasil belajar menulis puisi kelompok siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi yang diajar menggunakan strategi experiential learning dengan pembelajaran konvensional; (3) perbedaan hasil belajar menulis puisi kelompok siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah yang diajar menggunakan strategi experiential learning dengan pembelajaran konvensional; (4) interaksi stategi pembelajaran dan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pekanbaru yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Setelah pengacakan diperoleh kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas control. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan rancangan penelitian desaian factorial 2 x 2. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan analisis dengan uji-t dan Anova. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa: (1) hasil belajar menulis puisi siswa yang diajarkan dengan strategi experiential learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan secara konvensional: (2) hasil belajar menulis puisi siswa dengan kecerdasan emosional tinggi yang diajar dengan strategi experiential learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar secara konvensional; (3) hasil belajar menulis puisi siswa dengan kecerdasan emosional rendah yang diajar dengan strategi experiential learning lebih tinggi daripada yang diajar secara konvensional; (4) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan emosioanal dalam mempengaruhi hasil belajar menulis puisi siswa. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar menulis puisi siswa. Siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Experiential Learning, Kercerdasan Emosional, Belajar Menulis Puisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:38 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31409 |
