Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban

Susanti, Yendri (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YENDRI_SUSANTI_17029190_3529_2022.pdf] Text
final_B1_1_YENDRI_SUSANTI_17029190_3529_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan mampu dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2020/2021 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI IPA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji U. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada taraf nyata dan P value = 0,002 dengan menggunakan uji U diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI IPA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematis Problem Based Learning pembelajaran langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 09:34
Last Modified: 08 Dec 2025 09:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31397

Actions (login required)

View Item
View Item