Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa SMK Pelayanan Padang

Sari, Ira Permata (2017) Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa SMK Pelayanan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_IRA_PERMATA_SARI_18578_1973_2017.pdf] Text
final_B1_02_IRA_PERMATA_SARI_18578_1973_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang hasil belajar sejarahnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan buruknya pengendalian emosi dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMK Pelayaran Padang. Penelitian ini digolongkan penelitian Ex Post Facto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pelayaran Padang yang berjumlah 104 orang. Teknik penarikan sampel adalah random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (kecerdasan emosional siswa) dan variabel terikat (hasil belajar sejarah siswa). Data kecerdasan emosional siswa dikumpulkan dengan angket yang diisi oleh siswa. Data hasil belajar sejarah siswa didapatkan dari buku nilai pegangan guru mata pelajaran Sejarah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yakni uji normalitas dengan rumus Lillifors dan uji hipotesis dengan rumus corelation product moment. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi rhitung 0,509 > rtabel 0,279. Hal ini berarti secara umum terdapat hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMK Pelayaran Padang. Selain itu, dari hasil uji hipotesis per indikator menunjukkan bahwa 5 (lima) indikator kecerdasan emosional siswa memiliki hubungan dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI. Indikator kecerdasan emosional siswa yang memiliki korelasi dengan hasil belajar Sejarah tersebut terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMK Pelayaran Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: korelasi, kecerdasan emosional, hasil belajar sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 09:24
Last Modified: 08 Dec 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31365

Actions (login required)

View Item
View Item