Zulkhairi, Zulkhairi (2013) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_ZULKHAIRI_51566_2950_2013.pdf
Download (196kB)
Abstract
Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, besarnya kontribusi Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dan besarnya kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja Guru, 2) Kecerdasan Emosional berkontribusi terhadap Kinerja Guru, 3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja Guru. Populasi penelitian ini adalah semua Guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam yang jumlah populasi sebanyak 210 orang. Sampel penelitian berjumlah 66 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja Guru sebesar 17,8%. 2) Kecerdasan Emosional berkontribusi terhadap Kinerja Guru sebesar 15,2%. 3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja Guru sebesar 42,2%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terlihat bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah berada pada kategori baik, Kecerdasan Emosional berada pada kategori baik dan Kinerja Guru juga berada pada kategori baik. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional adalah dua faktor penting yang berkontribusi terhadap Kinerja Guru di samping faktor-faktor lain yang tidak bisa diabaikan yang juga berkontribusi terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam yang belum dikaji dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kontribusi, Kecerdasan Emosional, Guru, SMP |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:23 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:23 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31361 |
