Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah PSDK Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Morjayanti, Novi Adi (2013) Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah PSDK Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_NOVI_ADI_MORJAYANTI_00661_2746_2013.pdf] Text
final_B1_11_NOVI_ADI_MORJAYANTI_00661_2746_2013.pdf

Download (925kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan
Keluarga yang mengambil mata kuliah Pengelolaan Sumber Daya Keluarga tidak dapat
menyelesaikan tepat pada waktunya.Hal ini diduga adanya hambatan mahasiswa pada mata
kuliah Pengelolaan Sumber Daya Keluarga yang dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hambatan mahasiswa
dalam perencanaan sebelum mengikuti mata kuliah PSDK, (2) mendeskripsikan hambatan
mahasiswa dalam pelaksanaan pada mata kuliah PSDK, (3) mendeskripsikan hambatan
mahasiswa dalam pengevaluasian pada mata kuliah PSDK.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Data penelitian ini adalah
Hambatan Mahasiswa pada Mata Kuliah PSDK Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas
Teknik Universitas Negeri Padang.Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT UNP yang telah mengambil mata kuliah PSDK (53
0rang), serta dosen yang bersangkutan dengan mata kuliah PSDK (1 orang).Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hambatan mahasiswa yaitu: 1) perencanaan
pada mata kuliah PSDK; Hambatan pada perencanaan terdapat pada perencanaan menu
harian yang kurang bervariasi bentuk, rasa dan warnanya. Juga pengggunaan bahan pangan
yang terlalu bervariasi sehingga ada bahan pangan yang sulit didapatkan dipasaran atau
kalaupun ada harganya mahal. 2) pelaksanaan pada mata kuliah PSDK; Hambatan pada
pelaksanaan terdapat pada pengelolaan sumber daya keluarga baik dibidang Tata Boga dan
Tata Busana hal itu dikarenakan ketersediaan alat yang kurang menunjang.dan 3) evaluasi
pada mata kuliah PSDK. Hambatan pada evaluasi terdapat pada penyusunan laporan
keuangan yang sebagian keuntungan tidak dilaporkan karena diambil untuk modal usaha
selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:37
Last Modified: 04 Dec 2025 02:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31356

Actions (login required)

View Item
View Item