Hambatan – Hambatan Belajar Siswa Kelas X pada Kompetensi Membuat Pola (Pattern Making) Teknik Kontruksi Program Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 8 Padang

Devita, Nova (2013) Hambatan – Hambatan Belajar Siswa Kelas X pada Kompetensi Membuat Pola (Pattern Making) Teknik Kontruksi Program Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_NOVA_ DEVITA_02797_3845_2013.pdf] Text
final_B1_11_NOVA_ DEVITA_02797_3845_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang terjadi di SMK Negeri 8 Padang,
dimana banyak siswa yang kurang terampil dalam membuat pola. Hal ini terlihat
dari hambatan – hambatan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran seperti:
mengambil ukuran, membuat pola dasar, dan pecah pola. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui seberapa tinggi hambatan – hambatan yang dihadapi siswa
dalam mengambil ukuran badan, pembuatan pola dasar, dan pecah pola pada
kompetensi membuat pola (Pattern Making) dengan teknik kontruksi di SMK Negeri
8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menggambarkan,
menjelaskan, dan menginterprestasikan data sebagaimana adanya. Populasi dalam
penelitian ini adalah 22 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X Jurusan Tata Busana sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan penyebaran angket / kuesioner yang berjumlah 27 item. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik persentase dan tingkat capaian
responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan belajar siswa pada
kompetensi membuat pola (Pattern Making) dengan teknik kontruksi di SMK Negeri
8 Padang masih tinggi. Hal ini terlihat dari tingkat capaian responden dari
mengambil ukuran sebesar 45 % siswa mengalami hambatan dalam mengambil
ukuran dengan kategori cukup, membuatan Pola dasar sebesar 36 % siswa
mengalami hambatan dalam membuat pola dasar dengan kategori rendah, dan
pecah pola sebesar 41 % siswa mengalami hambatan dalam membuat pecah pola
dengan kategori rendah. Ini berarti siswa mengalami hambatan – hambatan belajar
dalam kompetensi membuat pola (Pattern Making) dengan teknik kontruksi.
Diharapkan hasil penelitian ini bermanfaat untuk guru dan siswa di SMK Negeri 8
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:34
Last Modified: 04 Dec 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31352

Actions (login required)

View Item
View Item